Wakil Banyuwangi Raih Juara Raki Jawa Timur 2021
lokal Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kab. Banyuwangi

Wakil Banyuwangi Raih Juara Raki Jawa Timur 2021

Ajang Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Provinsi Jawa Timur tahun 2021 ditutup dengan malam grand final yang berlangsung di Shangri-La Hotel Surabaya, Selasa (26/10).

Mewakili Banyuwangi, Firsta Yufi Amarta berhasil mendapatkan gelar tertinggi sebagai Raki Jatim 2021. Firsta dikenal sebagai peserta termuda yang masih berusia 20 tahun dan saat ini berstatus sebagai mahasiswa Fisip Sikologi Universitas Brawijaya.

Sebelumnya, para finalis bersaing mengikuti tahapan demi tahapan sejak 1 Juli 2021 hingga puncak seleksi juri. Malam acara grand final ini menampilkan 34 finalis. Mereka yang mampu melibas tantangan dan menyampaikan pandangan terkait kasus kebangkitan wisata bisa melaju ke babak 10 besar dan 5 besar.

Top 5 besar pertama Raka Jatim 2021 diraih oleh Raka Kabupaten Malang, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, dan Kabupaten Jember. Sedangkan Top 5 besar Raki Jatim 2021 diraih oleh Raki Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Kabupaten Sumenep, Kota Malang, dan Kabupaten Banyuwangi.

Kemudian penghargaan tertinggi Raka Raki Jatim 2021 diberikan kepada Raka Kabupaten Jember Zainal Abidin dan Raki Kabupaten Banyuwangi Firsta Yufi Amarta.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah berpesan agar Raka Raki Jatim 2021 tak sekedar menjadi duta wisata semata. Namun juga menjadi duta pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Tadi saya minta mereka ini kan duta wisata, saya minta ditambah pariwisata dan ekonomi kreatif. Karena kalau sudah digitalisasi informasi sudah pasti nyambung itu nyekrup antara pariwisata dan ekonomi kreatif. Mereka bukan hanya duta wisata tapi duta wisata dan ekonomi kreatif," pesan Gubernur Jatim Khofifah kepada Raka Raki Jatim 2021.

Tinggalkan komentar