Peringati Maulid Nabi, Banyuwangi Gelar Festival Al-Banjari
lokal Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kab. Banyuwangi

Peringati Maulid Nabi, Banyuwangi Gelar Festival Al-Banjari

Mayoritas kaum muslimin di seluruh dunia selalu memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad ﷺ atau yang biasa disebut dengan Maulid Nabi. Perayaan Maulid Nabi ini biasanya diselenggarakan dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagaamaan. Salah satunya seperti yang dilakukan PSDKU (Program Studi di Luar Kampus Utama) Universitas Airlangga Banyuwangi dengan menggelar Festival Al-Banjari se-Jawa Bali, (19/21).

 
Seni terbang Al-Banjari adalah sebuah kesenian khas islami, iramanya menghentak, rancak dan variatif. Selain memperingati Maulid Nabi, festival ini sekaligus merayakan HUT PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi. Acara ini diikuti 28 kelompok hadrah. Mereka berasal dari Banyuwangi dan berbagai kota di Jawa Timur dan Bali.
 
Ketika lomba berlangsung supporternya pun tak kalah seru dengan festival band lainnya. Bedanya, mereka bersorak sambil kemudian mengikuti lantunan sholawat yang dibacakan. Dalam perlombaan yang berlangsung sejak September tersebut, akhirnya diperoleh 3 besar yang menjadi juara. Juara I dari grup Liwa'ul Muridat asal Banyuwangi. Juara II dari grup As-Syamsudin asal Jember dan Juara III Ashabisuffah asal Banyuwangi dan Best Single diraih oleh As-Syamsudin asal Jember.
 
PLT kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno menyatakan apresiasinya atas acara tersebut. “Ini acara yang bagus untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Anak-anak mampu mengemas acara peringatan yang bernilai ibadah. Semoga kegiatan semacam ini dapat diteruskan." ungkapnya.
 
Ketua panitia Iqbal Dwi Warsito berharap, dengan adanya festival ini nantinya para peserta bisa meningkatkan skill dan talenta yang dipunya.

Tinggalkan komentar