Gelar Produk Aneka Macam Hasil Olahan Perikanan Warnai Fish Market Festival
lokal Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kab. Banyuwangi

Gelar Produk Aneka Macam Hasil Olahan Perikanan Warnai Fish Market Festival

Memiliki Garis Pantai 175,8 Km, Tak heran Banyuwangi memiliki khasanah potensi di sektor Maritim yang melimpah. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar Fisih Market Festival di Kampung Mandar, Banyuwangi. Festival yang digelar Senin (8/8/2022) tak hanya mengenalkan kawasan nelayan Kampung Mandar sebagai pusat kuliner seafood di kawasan kota Banyuwangi, akan tetapi etalase untuk mengangkat Potensi Ekonomi Kreatif Produk Olahan Hasil Perikanan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi, Irfan mengatakan bahwa "Banyuwangi memiliki POKLAHSAR (Kelompok Pengolah Pemasaran) sebanyak 173 Kelompok yang tersebar di seluruh Banyuwangi. Yang tugasnya adalah mengolah dan memasarkan produk hasil perikanan dalam satu wadah kelompok / asosiasi. Tak hanya Poklahsar tapi juga kita menggandeng sekolah seperti SMK Darul Ulum Muncar dan juga Produk Industri Pengalengan Ikan seperti Asahi Sarden CV Pasific Harvest, Maya Sardines PT Maya Muncar Indonesia dan Bantan Sarden PT Sumber Yala Samudra".

Dalam kegiatan ini juga hadir dari UPT Pengujian Mutu Dan Pengembangan Produk Kelautan Dan Perikanan Banyuwangi serta Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi untuk membuka layanan konsultasi di Fish Marker Festival.

"Banyak produk olahan hasil perikanan yang diciptakan. Semoga ke depan bisa menambah kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi lokal dan turut serta dalam mensukseskan program dari Pemerintah Pusat yakni Gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) dan Penurunan Stunting" pungkasnya.

Tinggalkan komentar