Benda Bersejarah di Banyuwangi di Pamerkan di Pameran Kepurbakalaan
lokal Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kab. Banyuwangi

Benda Bersejarah di Banyuwangi di Pamerkan di Pameran Kepurbakalaan

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar Pameran Kepurbakalaan di halaman kantor Disbudpar. Ada berbagai macam benda bersejarah seperti guci song (kelapa) Dinasti Song abad 9-12, tempayan dari Dinasti Tang China abad 7-10. Semua benda bersejarah itu ditemukan di wilayah Banyuwangi. Pameran benda purbakala ini diselenggarakan mulai 04 - 06 Oktober 2021.

Berbagai benda purbakala dan benda kuno berbahan batu, tanah liat, keramik, hingga kayu juga ditampilkan pada pameran tersebut. Bentuknya berbagai macam, ada keris, tombak, arca, lingga yoni, dan juga ada benda-benda antik seperti lemari rias kuno.

Dalam acara Pameran Kepurbakalaan nantinya akan ada workshop kepurbakalaan dan juga ada berbagai pengisi acara seperti seni jaranan, barong dan live music.

Kepala Disbupar Banyuwangi, M.Y. Bramuda, mengatakan Banyuwangi memiliki kisah masa lalu yang menarik. Bagaimana kisah Kerajaan Blambangan dan Macan Putih yang turut andil dalam sejarah Banyuwangi.

"Kisah sejarah itulah yang harus diteruskan pada generasi muda Banyuwangi. Anak cucu kita harus diceritakan sejarah yang mengandung kisah-kisah heroik zaman dahulu. Kegiatan ini untuk menumbuhkan cinta kebudayaan Banyuwangi pada generasi milenial,” tambah Bramuda.

Tinggalkan komentar