Banyuwangi Ethno Carnival 2022 Segera Hadir. Berbagai Etnis Akan Tampil!
nasional Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kab. Banyuwangi

Banyuwangi Ethno Carnival 2022 Segera Hadir. Berbagai Etnis Akan Tampil!

113x Dilihat

Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) Reborn akan kembali digelar. Menampilkan kreasi putra daerah dalam menampilkan kostum-kostum etnik Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sebanyak 75 peserta akan memperagakan kostum masing-masing sambil berjalan menyapa masyarakat sepanjang 2 kilometer di tengah kota, dengan titik start berada di Lorong Bambu Gesibu Blambangan Banyuwangi, Sabtu, 10 Desember 2022.

 

Tahun ini, BEC telah mencapai 1 dekade (10 tahun). Dalam 10 tahun ini, BEC beberapakali masuk 10 top event di Kementrian Pariwisata.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi Muhammad Yanuar Barmuda mengatakan, dalam penyelenggaran BEC Reborn tahun ini mengusung tema Tamansarine Nusantoro / The Diversity of Banyuwangi Culture. Dimana 7 Ethnis yang ada di Banyuwangi yakni Arabian, Osingnese, Javanese, Chinese, Madurese, Mandarese, Balinese. 

 

“BEC Reborn merupakan jembatan antara kesenian tradisional dengan modern, BEC Reborn diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat Banyuwangi baik penonton maupun para pelaku seni yang terlibat.” kata Bramuda.

 

Bramuda menambahkan, BEC Reborn tahun ini mengusung tema keberagaman ethnis yang ada di Banyuwangi.

 

“Beraneka macam kultur yang ada di Banyuwangi menjadi nilai keberagaman yang akan kita angkat menjadi tema BEC Reborn.” imbuh Bramuda.

 

Rute BEC Reborn 2022 ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Para peserta memperagakan kostum dimulai dari panggung utama yakni, Lorong Bambu Gesibu Blambangan ke arah utara hingga simpang empat Gedung Djuang 45, dilanjutkan ke arah barat hingga perempatan Taman Sritanjung, kemudian belok ke selatan menuju finish di depan kantor Pemda Banyuwangi.

 

BEC Reborn tahun ini dimeriahkan penyanyi kondang asal Banyuwangi seperti Fitri Carlina, Farel Prayoga dan beberapa musisi lokal yang juga akan menghibur panggung BEC Reborn.

Tinggalkan komentar