Pantai Pulau Merah


 

 

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

BAGI yang ingin bersantai menikmati pemandangan sambil menyusuri pantai seraya menonton aksi para peselancar, silakan datang ke pantai Pulau Merah, Banyuwangi. Wisatawan juga bisa menikmati sensasi berjemur dengan alas kursi kayu dan payung peneduh layaknya di Kuta.

Di kala petang, pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunset di Pantai Pulau Merah. Sunset menjadi salah satu pemandangan spektakuler yang disuguhkan tempat ini.
Populer di Jawa Timur

Pesona wisata Banyuwangi mendapat tempat di hati wisatawan karena ditunjang faktor geografis yang berada antara Bali dan Surabaya, Malang, Yogyakarta. Banyuwangi yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa ini menyimpan sejumlah objek wisata menawan, salah satunya Pulau Merah.

Pantai ini mungkin masih terdengar asing di tingkat nasional. Popularitasnya memang belum seterkenal kawasan wisata Batu Malang atau Kawah Putih di Ciwidey. Tetapi, pantai unik di Banyuwangi ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Timur.

Ombak yang menggulung di pantai ini merupakan salah satu destinasi yang disukai wisatawan mancanegara, khususnya mereka yang menyukai olahraga selancar (surfing).

Meski dinamakan Pulau Merah, pasir di pantai ini tidak berwarna merah melainkan berwarna putih agak kecokelatan. Baru di saat musim kemarau tiba, kawasan pantai ini akan terlihat kemerahan.
Letak dan Aksesibilitas Pulau Merah

Pantai Pulau Merah berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Harga tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp 3 ribu per orang, saat weekend menjadi Rp 5 ribu.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, Anda dapat menggunakan transportasi publik maupun pribadi. Dengan angkutan umum, dari kota Banyuwangi di Terminal Brawijaya anda bisa naik bus Minto atau Ujang Jaya arah ke Pesanggaran, lalu turun di pasar (Pesanggaran).  Dari sini dilanjutkan dengan menyewa motor ojek ke pantai.

Apabila Anda dari arah Kota Jember, turun di Terminal Jajag. Kemudian naik bus ke Pesanggaran.  Selanjutnya sama seperti di atas.

Dari kota Banyuwangi jarak yang harus ditempuh sekitar 80 km atau membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai di pantai Pulau Merah.  Di sepanjang perjalanan, tersedia rambu-rambu penunjuk yang akan mengarahkan Anda menuju Pantai Pulau Merah.

Jika menggunakan kendaran pribadi, anda bisa mengambil rute Banyuwangi – Rogojampi hingga menjumpai lampu merah Jajag, di mana terdapat patung macan putih di tengahnya. Dari lampu merah ini terus belok ke arah selatan dan mengikuti rambu-rambu penunjuk arah Pesanggaran-Pulau Merah.

Bagi yang berangkat dari luar Jawa Timur dapat memilih penerbangan atau kereta menuju kota Malang atau Surabaya. Dengan menggunakan perjalanan darat, Malang/Surabaya – Banyuwangi dapat ditempuh kurang lebih selama 8 jam perjalanan darat.  Atau bisa menggunakan pesawat, karena beberapa maskapai telah membuka rute Banyuwangi.

Website Resmi Banyuwangi
slide1
DISKOMINFO BANYUWANGI
slide1
DISHUB BANYUWANGI
slide1
DINAS PARIWISATA BANYUWANGI
slide1