Liburan Akhir Tahun, Banyuwangi Ramai Dikunjungi Wisatawan

Dec , 30 2016
Write by : Admin

Selama libur akhir tahun 2016, Kabupaten  Banyuwangi diserbu banyak wisatawan. Banyak pelancong yang memilih untuk menghabiskan masa liburan akhir tahunnya di kabupaten berjulul The Sunrise of Java ini. Rata-rata kenaikan pengunjung mencapai hingga 300-500 persen di destinasi wisata favorit.

Kepadatan pengunjung wisata terjadi secara merata di beberapa destinasi wisata di Banyuwangi. Seperti yang terjadi di destinasi wisata Bangsring Underwater yang menawarkan wisata bahari.

Pengelola wisata Bangsring Underwater Ikhwan Arief mengatakan, setiap liburan jumlah pengunjung Bangsring Underwater selalu melonjak. Misalnya, pada libur Maulid Nabi Muhammad SAW (10 - 12 Desember), wisatawan yang berlibur di tempatnya per hari mencapai 5.000 – 6.000 orang. Demikian pula libur Natal pada 24-26 Desember dengan jumlah kunjungan hingga 6.000 wisatawan per hari. Pada hari biasa, per hari destinasi tersebut dikunjungi sekitar 1.000 wisatawan.

”Pengunjung terus memadati Bangsring Underwater pada libur panjang bulan ini. Mayoritas dari luar kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, dan bahkan dari luar Jawa,” kata dia.

Kepadatan juga tampak di destinasi wisata Pantai Pulau Merah. Pengelola Pantai Pulau Merah Eddy mengatakan, pantai indah dengan bukit kecil di tengah laut ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap masa liburan. Pada musim libur Natal tahun ini, jumlah wisatawan mencapai lebih dari 3.000 orang per hari. ”Normalnya sekitar 1000 orang per hari. Sesuai perhitungan kami, wisatawan membludak di bulan Desember ini. Maklum, bareng libur sekolah” ujar Eddy.

Destinasi favorit lain, yaitu Gunung Ijen, juga semakin ramai dikunjungi. Kepala BKSDA Wilayah Banyuwangi sebagai pengelola Gunung Ijen, Sumpena, mengatakan, peminat wisata Gunung Ijen terus bertambah. Tercatat jumlah pengunjung yang berlibur di Ijen pada liburan Maulid Nabi Muhammad lalu mencapai 2000 orang per hari. Sejak awal tahun hingga akhir November, jumlah wisatawan mancanegara di Gunung Ijen sebanyak 30 ribu orang, sedangkan wisatwanan domestik mencapai 150 ribu orang. ”Puncak kunjungan diprediksi akan terjadi pada malam pergantian tahun baru,” ujarnya.


Share :

  • dharma

    9 months ago

    wew extraordinary

    (1)

    • tufkxyky

      6 months ago

      555