TELUK HIJAU

   Wisata pantai juga menjadi andalan bagi kota yang memiliki nama lain Blambangan ini. Destinasi yang menjadi salah satu andalan kali ini adalah Teluk Hijau / Green Bay. Selain air lautnya yang berwarna hijau, pasirnya juga berwarna putih bersih.

     Pantai Teluk Hijau / Green Bay berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Banyuwangi kearah selatan,Desa Sarongan,Kecamatan Pesanggaran. Disepanjang perjalanan untuk menuju tempat ini,anda akan disuguhi oleh pemandangan yang menyejukkan mata. Sungai nan bersih dengan pohon – pohon hijau dan teduh disekelilingnya,juga hamparan sawah dan bukit yang hijau. Setelah melewati pantai Rajegwesi dan melewati perumahan Tsunami.Tibalah dikawasan parkir kendaraan yang terletak di kawasan teluk hijau. Dari sini wisatawan harus memilih apakah menggunakan rute darat atau rute laut. Setiap rute memiliki tantangan dan keindahan tersendiri yang tidak akan terlupakan.

     Bila memilih rute darat, anda harus menuju kawasan teluk damai yang sebelumnya anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu di pos penjagaan yang ada di daerah sungai lembu. Dari sini anda harus berjalan kaki menuruni bukit melewati jalur setapak sejauh 1 km. Hutan tropis menyeliputi kawasan ini memberikan kesejukan disepanjang perjalan. Setelah 30 menit hingga 1 jam perjalan darat, anda akan sampai di pantai batu /Stone Beach. Deburan ombak yang memecah bebatuan disepanjang pesisir Stone Beach dipadu udara hutan tropis, akan menjadi pemandangan pertama sebelum mencapai surga cantik yang tersebunyi di balik bukit. Dari pantai batu jarak teluk hijau hanya berjarak 300 meter,anda cukup menyusuri pesisir batu anda akan sampai di surga cantik yang tersebunyi. Uniknya dari pantai Teluk Hijau adalah memiliki 2 pantai dengan pesisir yang berbeda yaitu pasir putih bersih dan pesisir berbatu yang tertata rapi oleh alam hanya dibatasi bukit kecil.

     Bila anda memilih jalur yang kedua, yaitu jalur laut anda akan merasakan tantangan yang berbeda. Untuk jalur ini anda harus berhenti di pantai Rajegwesi Dengan menyewa perahu boat dari nelayan. selain itu waktu tempuh yang relative lebih singkat. Cukup dengan membayar 35.000 untuk satu orangnya anda akan disuguhkan pemandangan yang tidak kalah menariknya. Pecahan ombak teluk dan pertemuan arus laut lepas Samudra Hindia membuat perjalanan begitu mendebarkan sekaligus mengagumkan. Sepanjang perjalanan perahu nelayan akan mengajak anda melihat barisan bukit - bukit yang indah dan batu karang yang terhampar disepanjang perjalanan, dibutuhkan 20 menit perjalanan laut untuk mencapai teluk hijau dan tibalah di teluk hijau. Tak heran dinamakan teluk hijau karena air lautnya benar benar berwarna hijau cantik. Warna hijau yang ditimbulkan berasal dari dasar perairan dangkalnya yang terdapat alga. Pasirnya yang putih bersih dengan butiran agak besar, dan pemandangan yang menawan sepanjang pantai akan memanjakan mata kita.