ROWO BAYU

Rowo Bayu merupakan salah satu wisata yang masih alami di Banyuwangi dan memiliki pemandangan alam yang indah. Rowo Bayu terletak di Dusun Sambung Rejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon. Rowo Bayu adalah Danau yang terbentuk secara alami. Asal nama Rowo Bayu diambil dari kata “rowo” yang berarti Danau dan “bayu” adalah nama Desa Bayu. Pada bulan Desember masyarakat Banyuwangi banyak berkumpul di Rowo Bayu, para Pejabat daerah akan hadir dalam acara napak tilas untuk memperingati Hari Jadi Banyuwangi.

Selain dikenal sebagai satu kawasan wisata yang menyuguhkan panorama alam yang indah , Rowo Bayu juga dikenal sebagai tempat wisata spiritual. Kebanyakan dari wisatawan yang berkunjung ke Rowo Bayu untuk menikmati keindahan panoramanya dan mencari ketenangan batin.

Untuk menyambut Hari Raya Nyepi dan menjalankan upacara Catur Brata Penyepian, setiap tahun masyarakat Hindu setempat mengadakan upacara Melis. Di Rowo Bayu terdapat satu candi bernama Puncak Agung Macan Putih dan terdapat 3 mata air utama yaitu Sumber Keputren, Sumber Dewi Gangga dan Sumber Kamulian.