PULAU MERAH

Pantai pulau merah adalah salah satu destinasi unggulan Banyuwangi,berada di desa Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi kearah selatan. Bila anda menggunakan mobil anda akan menghabiskan waktu dalam perjalanan bisa ditempuh hampir 2,5 jam. Bila anda menggunakan kendaraan umum , anda dapat memanfaatkan jasa angkutan umum dari terminal Banyuwangi, dan menggunakan bus jurusan Pesanggaran. Selanjutnya anda bisa munggunakan jasa ojek untuk sampai di pantai pulau merah.

Sebelum bernama pantai pulau merah, pantai ini bernama pantai ringin pitu. Ada dua versi yang mengukuhkan nama merah pada pantai ini. yang bertama karena warna tanah yang kemerah merahan, sementara versi yang kedua karena konon  dari pulau merah yang ada dihadapan pantainya yang berjarak 100 meter, dahulu pernah terpancar cahaya merah sehingga akhirnya warga sekitar menamakan pantai pulau merah. Bukan itu saja yang menjadi ciri khas pantai ini, terletaknya bukit hijau cantik yang terdapat di seberang pantai. Menariknya kita dapat mencapai pulau ini ketika air surut dengan berjalan kaki yang hany berjarak 100 meter.

Tidak hanya pesona alam sekitar, gulungan ombak sejauh 3 km dengan tinggi mencapai 4 meter menjadi daya tarik dan destinasi baru bagi para peselancara pemula dan menengah. Hal ini telah dibuktikan dengan kejuaraan International Surfing Competition pada 2013 yang lalu dengan diikuti para surfer dari 20 negara yang dibuka langsung oleh menteri pariwisata. Kejuaraan yang dilombakan terdiri dari 3 kategori,  yaitu kategori lokal,nasional dan internasional.

Satu lagi yang tidak kalah mencuri perhatian mata yang sayang sekali untuk dilewatkan, yaitu pemandangan saat matahari terbenam atau sunset . warna orange dengan kebiruan yang sangat cantik terbenam diantara bukit akan memanjakan mata kita yang menjadi pengalaman tak terlupakan.

Beberapa fasilitas di area pulau merah sudah cukup memadai dengan area parkir yang cukup luas, homestay untuk bermalam di area Pantai, dan beberapa warung – warung untuk bersantai menikmati pemandangan Pantai pulau Merah.

Untuk memasuki kawasan wisata pulau merah pengujung di kenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000,- per orang, saat weekend menjadi Rp 5.000,- per orang. Pada bulan Mei sampai Desember adalah bulan yang tepat untuk dapat menimati seluruh keindahan Pantai.