PENDOPO BANYUWANGI (Sabha Swagata Blambangan)

Pendopo Sabha Swagata Blambangan adalah rumah dinas bagi Bupati Banyuwangi, sejak masa pemerintahan Bupati Joko Supaad Slamet. Bangunan ini terletak di kawasan Taman Sritanjung (dulu bernama Lapangan Tegal Masjid).

Kawasan ini dahulu adalah kawasan yang diistilahkan sebagai “sistem pemerintahan macapat” dimana tempat ini sebagai tempat berkumpulnya masyarakat. Pendopo ini pernah mengalami pemugaran sebanyak dua kali yaitu pada saat pemerintahan Bupati Harwin Wasisto dimana terjadi penggantian sokoguru bangunan dari satu tiang utama penyangga menjadi banyak tiang yang menyangga bangunan.

Renovasi kedua dilakukan pada masa pemerintahan Bupati Abdullah Azwar Anas, dimana atap pendopo, penataan taman sekitar pendopo, dan penggantian pagar menjadi lebih rendah. Renovasi ini juga mengubah wajah pendopo dengan penambahan mirip bunker yang disebut green house.

Ada dua bangunan green house tersebut. Yang pertama berada di barat dari bangunan utama Pendopo. selain itu pendopo ini juga sebagai tempat pertemuan pertemuan besar dan untuk menjamu tamu / pejabat pemerintah dari luar daerah Banyuwangi. 

Beberapa fasilitas berkelas dapat ditemui di pendopo saat ini, yaitu ruangan - ruangan kamar tidur yang di modifikasi seperti halnya bangker - bangker, dengan desain green arsitektur. Dimana nuansa hijau pada atap yang ditanami rumput dengan penerangan utama dari cahaya matahari sehingga menghemat energi. Area Belakang Pendopo digunakan tempat bersantai dengan beberapa hiasan lampion lampion yang dipasang di pepohonan. tidak kalah menarik di pendopo juga terdapat rumah Adat suku Using dengan beberapa ornament - ornament kuno khas suku osing.