PANTAI WATU DODOL

Pantai watudodol merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Banyuwangi, letaknya yang sangat stategis di jalur poros Pantura menjadikan pantai ini ramai dikunjungi. Batu besar dengan diameter 15 meter dan tinggi sekitar 10m yang tepat di tengah jalan yang ditandainya tempat ini berjuluk Watudodol, Watu dalam bahasa jawa yang berarti batu dan dodol adalah jenang, jenang dodol merupakan jajanan khas yang terbuat dari ketan yang rasanya manis berbentuk persegi panjang.

Pantai watu dodol memiliki banyak tempat menarik sepanjang pantai terdapat pedestrian untuk bersantai para pengunjung sambil menikmati keindahan pantai berlatar belakang pulau bali. Selain itu terdapat patung gandrung besar yang menjadi ikon Banyuwangi.

Wisata pantai watu dodol berada di wilayah administratif Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.  berjarak 15 km dari pusat kota banyuwangi dan 2 km dari pelabuhan ketapang pantai watu dodol sangat mudah di akses oleh para wisatawan , tempat yang menghubungkan jalur poros Kabupaten situbondo dan Banyuwangi ini sering sekali menjadi tempat peristirahatan oleh para wisatawan yang dari arah situbondo ataupun ke luar kota Banyuwangi lewat jalur utara.

Terdapat keunikan dan keindahan yang dapat pengunjung temui dipantai Watudodol ini, terdapat sumber mata air tawar yang berdekatan langsung dengan bibir pantai, dan juga pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit di seberang jalan ,disamping itu diatas bukit terdapat 2 bungker yang dijadikan tempat persembunyian ataupun pertahanan pada masa pendudukan  Jepang.

 

Akses :

 

Dari Banyuwangi kota naik angkot Lin 1 menuju terminal blambangan, dari terminal blambangan naik angkot menuju ketapang. Dari pelabuhan ketapang naik angkutan desa atau bus yang menuju arah situbondo.

Naik kereta arah Surabaya-Banyuwangi menuju stasiun Banyuwangi Baru. Dari Banyuwangi baru bisa naik bus arah Situbondo.

Dari Pelabuhan Ketapang bisa Menyewa Ojek atau naik bus Arah ke Situbondo.