PANTAI MUNCAR

Muncar adalah pelabuhan terbesar kedua setelah Bagan Siapi-api. Di Jawa Timur, Muncar menjadi pelabuhan terbesar. Pemandangan aktivitas nelayan di pelabuhan dapat dilihat setiap hari. Ada berbagai jenis perahu nelayan, baik yang tradisional maupun modern dengan berbagai hiasan dan ornament. Untuk mencapai Muncar sangat mudah, sebab tersedia kendaraan umum menuju Pantai.

Muncar terletak di sebelah selatan Kota Banyuwangi. Setiap bulan Suro selalu diadakan perayaan petik laut yang sudah ada sejak perkembangan Luhpang-pang menjadi pusat kegiatan penangkapan ikan. Awalnya upacara ini diadakan berdasarkan Prantamangsa, tetapi kini diselenggaran setiap bulan Suro.

Petik Laut Muncar merupakan kegiatan yang sakral. Dalam prosesinya, miniature perahu penuh sesaji, seperti kepala kambing, bermacam kue, buah-buahan, pancing emas, opium, dan dua ekor ayam hidup, dilarung ke laut. Pada malam persiapan sesaji di perahu miniature, banyak orang tidak tidur semalam suntuk. Beberapa dari mereka membaca kitab suci Al – Qur’an. Pagi harinya sebelum dilarung ke laut, perahu miniature diarak keliling desa. Istilahnya disebut dengan Ider Bumi. Usai prosesi upacara petik laut, masyarakat kembali ke Pantai. Banyak orang yang mandi dengan harapan agar Sang Hyng Iwak, Dewi Laut, memberi berkah kepada mereka.