PANTAI GRAJAGAN

Sebuah pantai indah di selatan Banyuwangi, berderet bersama Pantai Plengkung, Pulau Merah, dan Pesanggaran. Grajagan terletak sekitar 52 km ke arah selatan dari Kota Banyuwangi. Posisi pantainya strategis menjadi pintu gerbang menuju ke Pantai Plengkung. Grajagan berada dikawasan seluas 314 hektar, tepatnya di 111BKPH curah jati atau secara admnistratif berada di  desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.

Deburan ombak pantai selatan yang menyapa bebatuan dengan diselimuti pasir hitam disepanjang pantai, dapat pengunjung nikmati.Pantai ini juga memiliki gua dan bukit yang sangat indah. Ketika Anda berada di sana maka akan melihat hamparan pantai dan bukit yang menjulang tinggi di tepi pantai.

Selain itu di pantai ini terdapat 3 gua peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia kedua. Anda juga dapat menyaksikan langsung aktifitas nelayan di pagi hari saat berangkat mencari ikan dan menurunkan ikan hasil tangkapannya.

selain sebagai tempat transit untuk menuju G-land,Pantai grajagan memiliki ombak yang bagus untuk berselancara, konon ombak dipantai ini memiliki gelombang konsisten rideable di dunia yang hanya direkomendasikan untuk peselancar professional. Untuk surfing di Pantai Grajakan, panjang ombak mencapai 1 kilometer.

Spot yang terbaik ada di Plawangan, jaraknya sekitar 300 meter dari bibir pantai. Di Plawangan (kecepatan) ombaknya bisa mencapai 60 km per jam. Sedangakn tinggi ombak bisa mencapai 4 meter. Peselancar juga bisa masuk ke dalam lubang ombak. Sensasinya luar biasa, dan hanya untuk professional, Plawangan merupakan spot yang berbahaya bagi perahu nelayan karena ombaknya yang ganas.

Untuk menuju Pantai Grajagan sangat mudah, jalannya sudah beraspal dan dapat ditempuh menggunakan mobil pribadi, sewaan, atau kendaraan umum. Diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota Banyuwangi. Lokasinya bisa dijangkau menggunakan kendaraan roda empat, bahkan bus besar.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum dari arah Kota Banyuwangi maka dapat naik bus jurusan Jember atau sebaliknya, dan turun di Benculuk, dari Benculuk perjalanan dilanjutkan naik angkutan pedesaan sekitar 12 km menuju Pantai Grajagan.