PANTAI BOOM

Pantai Boom salah satu pantai yang kini menjadi destinasi unggulan Kabupaten Banyuwangi. Berada di pusat kota tepatnya di kawasan Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi. Hanya membutuhkan 10 menit dari pusat kota,Pantai Boom ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari warga sekitar Banyuwangi maupun luar kota. Berbagai fasilitas kini mulai terpenuhi untuk menikmati pantai Boom. Payung pantai, Aphiteater, mushola, taman, dan warung makan / pedestrian yang tertata rapi sangat baik untuk dikunjungi. keunggulan pantai Boom, dari tempat ini kitadapat menikmati pemandangan gunung dan berlatarkankan pulau Dewata bali.

Dikenal dengan tagline The sunrise of java, tentunya pantai ini menawarkan pemandangan dan hangatnya mentari pagi. pantai Boom juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit pertama kali di pulau jawa. Pantai boom sangat cocok sekali untuk bersantai bersama keluarga,sembari menikmati kelapa muda dengan pemandangan pantai yang eksotis. 

Pantai dengan berpasir hitam disepanjang pesisirnya, dengan ombak yang tidak terlalu besar ini. Pantai boom akan di kembangkan sebuah Pelabuhan kapal Pesiar terbesar. Nantinya di pantai boom juga akan dilaksankan event event berskala international seperti fementel yatch " lomba kapal pesiar terbesar" yang dimulai dari benua Australia dan finish di Pantai Boom.

Pantai Boom ini juga menjadi salah satu tempat favorit bagi berbagai event Banyuwangi, seperti Gandrung sewu dan Banyuwangi Beach Jazz Festival. Gandrung sewu merupakan pementasan Tarian kolosal Banyuwangi dengan melibatkan ribuan peserta. Beach Jazz Festival merupakan event jazz pantai pertama yang ada di Banyuwangi dengan berlatar belakang pemandangan pulau dewata Bali.

 

Pantai Boom dahulu merupkan pelabuhan penting dimasa kolonial Belanda. Berbagai Bangunan penting seperti Gudang penyimpanan masih berdiri kokoh di tempat ini. Berbagai kegiatan ekonomi di sini sempat ramai dengan berbagai pengingalan seperti tempat pelelangan ikan yang kini sudah tidak terpakai. berbagai aktifitas nelayan juga masih ada meskipun tidak seramai dahulu.

Akses :

Pantai Boom terletak di bagian timur kota Banyuwangi. Dari Simpang Lima, masuk ke Jalan dr. Sutomo hingga Taman Blambangan. Dari traffic light Taman Blambangan menuju arah utara hingga bundaran PLN, lalu belok kanan masuk Jalan Nusantara. Semua kendaraan bisa masuk ke Pantai Boom. Dan rambu-rambu menuju kesana dapat ditemui dengan mudah.