MAKAM DATUK IBRAHIM

Banyuwangi punya banyak aset wisata religi. Salah satu tujuan wisata religi yang populer di Banyuwangi adalah makam Waliyullah SYEKH ABDURRAHIM BIN ABU BAKAR BIN ABDURRAHIM BAUZIR atau yang akrab di sebut Datuk Ibrahim. Makam Datuk Ibrahim terletak di Desa Lateng, Banyuwangi. Letak makam tersebut berada di pusat dan keramaian kota.

Makam ini tempat bersemayam tokoh lelehur yang semasa hidupnya memiliki karisma dan dianggap sebagai penyebar agama Islam. Tempat keramat yang didukung oleh keberadaan mitos yang karismatik tersebut menjadi tempat ziarah bagi mereka dengan tujuan dan maksud tertentu.

Aksesibilitas
    Lokasi makam ini terletak di tepi jalan raya tepatnya jalan basuki rahmad dalam kota banyuwangi. Para pengunjung bisaanya berdo’a dengan membaca yasin dan tahlil. Para peziarah yan datang bisaanya ramai pada malam jum’at legi, jumahnya mencapai 100 orang.Kelurahan Lateng terletak di Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Jarak Kelurahan Lateng dari kota Banyuwangi kurang lebih 2,5 km, jarak ke ibu kota Kecamatan krang lebih 2,5 km. waktu tempuh masing-masing tempat kurang lebih 0,15 jam dari kota Banyuwangi.