BATIK BANYUWANGI

Batik adalah sebuah karya seni dan menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia. pada 2 Oktober 2009 Unesco telah menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Berbagai motif dan ciri khas berbeda setiap daerah memiliki nilai nilai estetika didalam motif kain batik. Banyuwangi adalah salah satu daerah yang memiliki motif batik dengan nilai estetika dan ragam budaya didalamnya. 

Batik Banyuwangi merupakan sebuah perwujudan nilai estetika ragam hias khas Banyuwangi. Motif - motif batik yang tercetak pada batik Banyuwangi tidak hanya merupakan sebuah perwujudan estetika dari ragam hias namun juga memiliki nilai – nilai yang dianut oleh masyarakat Banyuwangi. Banyak nilai nilai yang terkandung dari tiap goresan batik Khas Banyuwangi, salah satunya adalah Batik Gajah Oling. Batik Gajah Oling adalah motif batik yang paling tua. Motif batik Gajah Oling tidak hanya mengedepankan estetika, namun juga menggambarkan kekuatan yang tumbuh dalam jati diri masyarakat Banyuwangi. Motif Gajah Oling memang bentuk dasar Batik Banyuwangi. Dari asal katanya, merupakan gabungan dua kata yaitu gajah dan uling ( sejenis belut yang hidup di air tawar (Sidat). Ciri itu berbentuk seperti tanda tanya, yang secara filosofis merupakan bentuk belalai gajah dan sekaligus bentuk uling. Di samping unsur utama itu, karakter batik tersebut juga dikelilingi sejumlah atribut lain. Di antaranya, kupu-kupu, suluran (semacam tumbuhan laut), dan manggar (bunga pinang atau bunga kelapa).

Batik Gajah Oling merupakan motif batik tertua Khas Banyuwangi. Batik Gajah Oling memiliki makna mendalam, dimana Gajah yang merupakan binatang besar hal ini merupakan perwujudan dari sesuatu yang besar (Tuhan Yang Maha Esa) dan oling atau "eling" yang berarti mengingat. Batik Gajah oling memiliki arti selalu mengingat akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. 

Berbagai Corak Batik yang di desain oleh seniman/pembatik juga di pentaskan kedalam sebuah fashion show yang di gelar oleh pemerintah Banyuwangi. Event yang bertajuk Banyuwangi Batik Festival,mengambil tema - tema Batik Banyuwangi mulai dari Tema Gajah Oling, Kangkung Setingkes, dan yang tahun 2015 mengambil tema Paras Gempal.