AIR TERJUN LIDER

Air Terjun Lider sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Banyuwangi,memiliki pesona yang masih alami. Lokasinya terletak di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon  Banyuwangi  Jawa Timur. Berada di kawasan hutan lindung yang juga masuk dalam pengawasan Kawasan Resort Pemangkuan Hutan (KRPH), Perhutani Sidomulyo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kali Setail Kecamatan Sempu. Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat. Dinamakan Air Terjun Lider dikarenakan terletak di kawasan hutan lidung petak 74, Blok Lider. Air Terjun yang terletak di lereng Timur Gunung Raung ini, berjarak sekitar 45 km dari Kota Banyuwangi.

Aksesibilitas

Berjarak 45 km dari Kota Banyuwangi.Untuk bisa menuju keobjek wisata Air Terjun Lider terdapat dua jalur yang bisa dilalui, jalan pertama melewati Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu yang berjarak 5 km.

Jalan alternatif lainnya adalah melewati Dusun Sragi, Kecamatan Songgon dengan jarak tempuh sekitar 8 km dari perkampungan warga. Apabila menggunakan jalur pertama dari terminal Bus Kota Genteng, perjalanan diawali dengan menggunakan angkutan pedesaan menuju Kecamatan Sempu yang berjarak 15 km.

Dari sini perjalanan dilanjutkan menuju Desa Songgon sejauh 10 km yang dapat ditempuh dengan menggunakan ojek sembari menikmati pemandangan perkebunan cengkeh yang terhampar disekitarnya. Sesampainya di Dukuh Lider, wisatawan masih harus melanjutkan perjalanan sejauh 3 km menuju batas akhir perkebunan cengkeh. Disana terdapat jalan masuk menuju ke air terjun.

Usai melakukan perjalanan panjang dengan menggunakan kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melintansi jalan setapak selebar setengah meter di sisi tepi jurang, enam sungai di tengah hutan.Untuk kondisi jalan setapak sudah tertatarapi, lengkap dengan petunjuk jalannya, namun wisatawan harus berhati-hati dikarenakan jalan yang cukup licin dan berliku. Jarak dari pos menuju Air Terjun sekitar 1 km.