AIR TERJUN KAMPUNG ANYAR

AIR TERJUN KAMPUNG ANYAR. 
dinamakan air terjun kampung anyar karena berada di Dusun kampung anyar, desa Taman Suruh Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. salah satu destinasi air terjun yang menjadi primadona di kota Banyuwangi. keunikan dari destinasi ini adalah pengujung dapat menikmati tiga air terjun sekaligus disatu tempat. Banyak sebutan dari air terjun ini, mulai dari air terjun bersaudara atau air terjun kembar,air terjun kampung anyar , air terjun bidadari, air terjun jagir.

Air terjun kampung anyar ini berasal dari tiga sumber mata air yang muncul di atas tebing yaitu sumber jagir , sumber pawon dan sumber butut ijah. air terjun yang paling menarik disini adalah air terjun sumber pawon, karena aliran air yang mengalir tidak terlalu deras dan cukup lebar. Suasana yang dingin aroma pegunungan memberikan kesejukan bagi pengujung yang datang ketempat ini. selain menikmati pemandangan air terjun pengjung dapat bermain/mandi di bawah aliran air terjun dan berfoto. tak jauh dari kedua air terjun, berjarak sekitar 200 meter ke arah barat terdapat air terjun kategan, untuk sampai ke air terjun Kategan wisatawan dapat menyusuri sungai sejauh 100 meter ke arah hulu. Air Terjun kategan berasal dari sumber air terjun diatasnya yaitu air terjun kalibendo. air terjun ini lebih tinggi dari air 2 air terjun sebelumnya dan memiliki debit air yang cukup deras. 

Akses Menuju tempat ini sangatlah mudah,dibutuhkan waktu 20 menit dari pusat kota Banyuwangi ke arah barat menuju desa kampung anyar atau sekitar 15 km. Sekitar kawasan wisata air terjun disediakan area parkir yang sebagian besar berada di depan rumah penduduk dan juga warung - warung yang didirikan oleh penduduk sekitar. Dari area parkir berjalan kaki menuruni tebing sejauh 100m,ditengah perjalanan akan bertemu pemandangan tebing yang sangat indah, dengan potongan batu yang menempel seperti pahatan bongkahan intan yang mengkilap jika terkena aliran air hujan.