AIR TERJUN KALI BENDO

Lokasi:

Air Terjun Kali bendo terletak di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Air Terjun Kali bendo memiliki ketinggian mencapai 10 meter dan berada didalam kawasan Agro Wisata Kalibendo, dimana terdapat perkebunan kopi, karet dan cengkeh. Kawasan Agro Wisata Kali bendo ini terletak di kaki Gunung Ijen.

Aksesibilitas:

Berjarak sekitar 15 km dari Kota Banyuwangi.Ada beberapa jalur alternatif menuju kawasan objek wisata Air Terjun Kali bendo ini. Dari pusat Kota Banyuwangi perjalanan diarahkan ke Terminal Sasak Perot di DesaBakung, Kecamatan Glagah. Selanjutnya perjalanan tetap lurus kearah Barat hingga tiba di pertigaan patung Barong di Desa Banjarsari. Dari pertigaan ini mengambil arah lurus melintasi Desa Kemiren hingga Desa Tamansuruh, selanjutnya perjalanan diteruskan beberapa menit hingga masuk Desa Kampung Anyar. Setelah masuk gerbang PT Perkebunan Kalibendo, kendaraan dapat diparkir ditempat yang telah disediakan didepan Gedung pertemuan.


Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak melewati kawasan perkebunan cengkeh dan pohon bendo. Kondisi jalan setapak ini masih berupa tanah dengan kontur menurun dan berliku. Selanjutnya akan tiba di sungai dengan jembatan diatasnya. Setelah menyeberangi jembatan kayu selebar 1 meter tampak menghampar perbukitan dan tanaman heterogen. Dari sungai perjalanan dilanjutkan menyusuri jalan setapak di sisi atas sungai kurang lebih sejauh 300 meter kearah barat hingga tiba di sungai lagi. Dan ikuti aliran sungai dengan menyusurinya hingga tiba di lokasi air terjun.


Fasilitas:

Di kawasan objek wisata Air Terjun Kalibendo ini terdapat area parkir yang telah disediakan oleh pihak pengelola.Dan dipinggiran sungai banyak ditemukan warung-warung yang menjual makanan dan minuman, jadi wisatawan yang berkunjung tidak perlu bersusah payah membawa bekal.